Type something and hit enter

author photo
By On

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Karena Tinnitus - Jika anda pernah merasakan bunyi berdenging yang terus menerus di telinga. Kemungkinan besar anda mengalami tinnitus, yakni sebagai persepsi bising atau berdenging pada telinga. Tinnitus ini juga bisa diartikan sebagai mendengar suara pada telinga yang bukan berasal dari luar telinga. Memang masalah tinnitus ini sulit untuk diobati. Bahkan, terkadang masalah tinnitus yang sudah berat tidak bisa diobati sehingga bersifat permanen. Namun, anda busa mencoba untuk mengurangi gejala yang terasa mengganggu dengan cara yang alami. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi telinga berdenging karena tinnitus sebagai berikut ini :
1. Pelajari Seluk Beluk Tinnitus
Telinga selalu berdengung yang dikarenakan tinnitus mungkin akan membuat anda merasa gelisah atau terganggu sepanjang waktu. Anda akan merasa gelisah karena anda belum benar-benar mengerti tentang seluk beluk tinnitus ini. misalnya apa penyebab dari tinnitus ini dan mengapa anda harus mengalami semua ini.
2. Menggunakan Alat Bantu Dengar
Dengan menggunakan alat bantu dengar ini bisa membantu anda menumpulkan suara yang tidak diinginkan dan bisa membantu mengurangi tinnitus. Alat khusus bantu dengar ini diperuntukkan bagi pasien ini dikenal dengan istilah masking hearing aid. Namun anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam menentukan jenis alat bantu dengar apa yang paling cocok untuk anda gunakan.
3. Hindari Suara Keras
Seperti yang diketahui bahwa paparan terhadap suara yang sangat keras bisa menjadi salah satu penyebab telinga berdenging. Bahkan, saking kerasnya bisa membuat pendengaran menjadi hilang saman sekali(tuli). Suara yang keras ini termasuk suara mesin berat atau alat konstruksi, suara bom, petir, atau suara konser yang keras yang bisa memicu terjadinya tinnitus akut. Akan tetapi, hal ini bisa saja hilang setelah beberapa hari. Suara yang kurang dari 75 dB (walaupun setelah paparan lama) tidak akan menyebabkan masalah telinga atau tinnitus, namun suara yang lebih dari 85 dB bisa menyebabkan hiangnya pendengaran serta masalah telinga lainnya. Maka dari itu, aturlah volume pada saat anda mendengarkan musik atau menelepon, jangan sampai terlalu keras dan lama. Apalagi jika anda menggunakan headphone atau earphone.
4. Jangan Menggunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Telinga
Untuk mengatasi telinga yang berdenging banyak orang yang langsung menggunakan cotton bud karena dikira ada kotoran yang menyumbat telinganya. Padahal penggunaan cotton bud ini sangat berisiko terjadinya sumbatan pada telinga, infeksi telinga, dan kerusakan telinga. Karena kotoran telinga ini justru berfungsi untuk melindungi lubang telinga anda dengan menangkap kotoran dan bakteri. Sehingga dengan menggunakan cotton bud akan mendorong kotoran tersebut masuk ke telinga lebih dalam. Untuk mencegah iritasi atau bahaya pada telinga dalam, jangan masukkan benda apapun ke dalam lubang telinga anda. Karena hal tersebut tidak membantu untuk mengatasi telinga yang berdenging. Oleh karena itu, maka sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter dan minta dokter untuk membersihkan telinga anda.
5. Hindari Penggunaan Obat-Obatan / Alkohol
Menurut penelitian mengungkapkan bahwa beberapa obat bisa membuat gejala tinnitus menjadi semakin parah. Contohnya obat pereda nyeri. Bukan hanya itu, alkohol juga dan merokok juga bisa memperparah tinnitus. Adapun jenis obat-obatan yang berisiko bisa menyebabkan kerusakan telinga dan memicu tinnitus adalah sebagai berikut :
Antibiotik : Polymyxin B, Eritromisin, Vancomisin, dan neomisin
Obat kanker : Mekloretamin dan Vincristine
Diuretik : Bumentanide, Asam Ethacrynic, atau Furosemide.
Quinine
Antidepresan
Aspirin dengan dosis tinggi
6. Kurangi Peradangan dan Stres Kronis
Peradangan dalam tubuh bisa meningkatkan risiko masalah telinga seperti infeksi telinga, hilang pendengaran, dan vertigo. Selain itu, stres juga bisa memperburuk gejala tinnitus dengan mengubah reaksi otak saat mendengar suara bising pada telinga.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah telinga berdenging yang disebabkan oleh tinnitus. Semoga ada guna dan manfaatnya.


0 komentar