Type something and hit enter

author photo
By On

Infeksi cacing atau penyakit cacingan tidak hanya menyerang orang dewasa saja tetapi seringkali dialami oleh anak anak.Dipasaran obat cacing untuk anak telah beredar dalam jumlah yang banyak dan dijual bebas.Tetapi yang harus diperhatikan setiap ibu adalah mengetahui jenis obat cacing yang aman untuk diberikan kepada si kecil. Infeksi cacing atau penyakit cacingan ini adalah gangguan kondisi kesehatan yang akan terjadi mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

Terjadinya cacingan akan dianggap sebagai indikasi mengalami gizi buruk, gangguan pertumbuhan, dan juga kemampuan kognitif pada anak. Terjadinya cacingan ini adalah pada saat masuknya cacing parasite lalu hidup didalam tubuh seseorang.Nantinya akan berkembang dengan baiknya cacing parasite tersebut dan akan mengambil nutrisi dari tubuh tempat mereka berada. Indonesia yang beriklim tropis memiliki angka cacingan yang tinggi yaitu sekitar 28 % dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti kurangnya kebersihan, sanitasi, pasokan air, lembabnya tanah, dan juga kepadatan penduduk.


Tidak akan ditunjukkannya gejala yang signifikan pada saat anak anak mengalami infeksi cacing. 

Tetapi biasanya akan munculnya tanda tanda seperti sakit perut, berat badan menurun, nafsu makan hilang, anemia, ruam gatal gatal, mual, gatal dan nyeri pada bagian sekitar anus, sulit tidur, batuk, dan akan sering buang air kecil. Dan bahkan ada gejala yang lebih parah lagi seperti muntah, diare, hingga keluarnya tinja berdarah.Untungnya infeksi cacing hampir semuanya dapat diatasi dengan menggunakan obat oral. Nantinya dokter akan memberi resep obat cacing atau perawatan cacingan berdasarkan jenis infeksi cacing yang dialami si kecil. Oleh karena hindari penggunaan obat cacing yang dijual bebas, karena kemungkinannya obat cacing yang dijual bebas itu tidak akan cocok bagi anak dengan usia dibawah 2 tahun. Lalu obat cacing apa yang aman dikonsumsi anak 2 tahun?

Berikut 4 obat cacing yang cocok untuk anak 2 tahun diantaranya yaitu :


Albendazole

Obat cacing untuk anak 2 tahun ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing pita dengan cara membunuh parasit yang sensitif. Jika anak memiliki alergi terhadap obat ini maka ada baiknya menghindari menggunakan obat ini.Tetapi sebelum memberikan obat ini sebaiknya ibu mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 Levamisole

Anthelminthic yang satu ini dapat ibu manfaatkan untuk mengobati infeksi ascariasis dan infeksi cacing tambang campuran.Obat ini aman dikonsumsi baik oleh anak anak ataupun orang dewasa.Tetapi Levamisole ini harus dihindari oleh ibu hamil selama trimester pertama.

Pyrantel

Pyrantel juga adalah obat cacing yang termasuk kedalam jenis antihelminitic.Obat ini dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing didalam tubuh.Pirantel dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi dan cacing gelang.Tetapi sebelum memberikan pirantel kepada si kecil ada baiknya mengkonsulatasikan terlebih dahulu dengan dokter.Biasanya obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang menderita gangguan liver ataupun orang yang memiliki reaksi alergi terhadap obat ini.Ibu menyusui juga harus menghindari obat ini dan juga anak dibawah 2 tahun, tanpa terkecuali atas ijin dokter.

Mebendazole

Obat cacing yang satu ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing cambuk, dan juga cacing tambang.Tetapi sebelum ibu memberikan Mebendazole maka ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.Yang harus diperhatikan adalah obat ini tidak dianjurkan untuk anak dibawah 2 tahun.

Adanya pepatah yang mengatakan akan lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Untuk mencegah terjadinya cacingan, selain menggunakan obat tetapi ada beberapa langkah yang harus dilakukan ibu supaya anak terhindar dari cacingan.Misalnya saja dengan menjaga kebersihan rumah dan toilet dengan disinfektan yang baik. Selain itu juga anak jangan pernah dibiarkan untuk berjalan atau bermain tanpa menggunakan alas kaki ditempat tempat yang munkin telah terkontaminasi oleh berbagai kotoran seperti genangan air, tanah, dan juga kubangan. Ibu juga harus bisa menjaga kebersihan mainan sang buah hati. Dan pastikan sebelum makan dan setelah dari toilet, seluruh anggota keluarga mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu juga kebersihan kuku anak harus dijaga dengan cara memotong kukunya jika sudah panjang.

Selain itu ibu dan seluruh anggota keluarga harus mengkonsumsi air minum yang telah direbus matang, dan pastikan buah dan sayuran dibersihkan secara menyeluruh dengan menggunakan air bersih. Pada saat akan memasak daging dan ikan pilihlah yang segar, membersihkannya harus dengan seksama dan pastikan ikan dan daging tersebut dimasak secara merata hingga matang. Pastikan juga orang orang yang berada didekat si kecil turut serta menjaga kebersihan sehingga tidak akan menular kepada sang buah hati. Sebelum memberikan obat cacing pada si kecil baca terlebih dahulu petunjuk pada kemasannya untuk mengetahui kemungkinan efek samping yang ditimbulkan.Kemudian untuk menggunakannya ikutilah petunjuk yang berada pada kemasannya.Dan untuk penangan yang lebih tepat selalu konsultasikan dengan dokter.

0 komentar